Selamat Datang!

Sejarah Takhrij Hadis - X-IIK


 SEJARAH TAKHRIJ HADIS


Dalam kegiatan men-takhrj hadis muncul dan diperlukan pada masa ulama mutaakhirin. Sedang sebelumnya, hal ini tidak pernah dibicarakan dan diperlukan. Kebiasaan ulama mutaqaddimin menurut al-Iraqi, dalam mengutip hadis-hadisnya tidak pernah membicarakan dan menjelaskan dari mana hadis itu dikeluarkan, serta bagaimana kualitas hadis-hadis tersebut, sampai kemudian datang An-nawawi yang melakukan hal itu.
Penguasaan para ulama terdahulu (mutaqaddimin) terhadap sumber-sumber as-Sunnah begitu luas, sehingga mereka tidak merasa sulit jika disebutkan suatu hadis untuk mengetahuinya dalam kitab-kitab as-Sunnah. Ketika semangat belajar mereka melemah, mereka kesulitan untuk mengetahui tempat-tempat hadis yang dijadikan sebagai rujukan para ulama dalam ilmu-ilmu syara’. Maka sebagian dari ulama bangkit dan memperlihatkan hadis-hadis yang ada pada sebagian kitab dan menjelaskan sumbernya dari kitab-kitab sunnah yang asli, menjelaskan metodenya, dan menerangkan hukumnya dari yang sahih atas yang ḍa’if. Kemudian muncullah apa yang disebut dengan ”Kutub al-Takhrj” (kitab-kitab takhrij) yang masyhur di antaranya :

  1. Takhrῑj Ahādῑṡ al-Muhażżab, karya Muhammad bin Musa al-Hazimi asy- Syafi’i (w. 548 H). Kitab ini adalah kitab mengenai fikih madzhab al-Syafi’i karya Abu Ishaq asy- Syairazi. Takhrij Ahādis al-Mukhtaṣar al-Kabīr li Ibn al-Ḥājib, karya Ah{mad Abdul Hadi al-Maqdisī (w. 744 H). 
  2. Naṣb al-Rayah lῑ Ahādῑṡ al-Hidayah lῑ Al-Marginani,karya Abdullah bin Yusuf az-Zaila’i (w. 762 H).
  3. Takhrῑj Ahādῑṡ al-Kasyāf lῑ az-Zamakhsyari,karya al-Ḥafiẓ az-Zaila’i (Ibnu Hajar juga menulis takhrij untuk kitab ini dengan judul Al-Kafi Asy-Syāfi f Takhrīj Ahādīś Asy-Syāfi). 
  4. Al-Badr al -Munῑr fii Takhrῑj al-Ahādῑṡ wa al-ṡar al-Waqi’ah fῑ asy-Syarhil- Kabir lῑ ar-Rafi’i,karya Umar bin Ali bin Mulaqqin (w. 804 H). 
  5. Al-Mugni ’an Ham li al-Asfār fil-Asfaar f Takhrj mā f- Ihyā’ min al-Akhbar, karya Abdurrahman bin al-H{usain al-Iraqī (w. 806 H).
  6. Takhrῑj al-Ahādῑṡ allati Yusyῑru ilaih at-Tirmizī fῑ Kulli Bāb,karya al-Ḥāfiẓ al-Iraqī. 
  7. At-Talkhῑṣ al-Habῑr fῑ Takhrῑj Ahādῑṡ Syarh al-Wajiz al-Kabῑr li ar-Rafi’i,karya Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqalānī (w. 852 H).
  8.  Ad-Dirāyah fῑ Takhrῑj Ahādῑṡ al-Hidāyah,karya al-Hafiz Ibnu Hajar.
  9. Tuhfat ar-Rāwi fῑ Takhrῑj Ahādῑṡ al-Baḍlawi,karya Abdurrauf Ali al-Manawi (w. 1031 H.)

 LANJUT BACA DI LINK METODE TAKHRIJ HADIS
Share this post :

Posting Komentar

Facebook_eDUKA

YM Edukasi

 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. EDUKASI KITA - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger