Mengenal Tokoh Hadis Pada Masa Tabi'in
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Tabi'in dalam istilah ilmu hadis mempunyai arti orang yang bertemu dengan
seorang sahabat atau lebih. Tabi‟in meskipun tidak pernah berjumpa dengan Nabi
Muhammad saw. namun mereka mempunyai jasa yang sangat besar terhadap kemajuan
dan tersebarnya dakwah Islam. Salah satu dakwah mereka adalah melalui dakwah
pengetahuan dengan menyebarkan hadis-hadis Rasulullah yang mereka dengar dari para
sahabat. Tanpa jasa mereka umat Islam tidak akan mampu mengeksplorasi kalam-kalam
dari Rasulullah saw. Dalam bab ini akan diuraikan biografi beberapa tabi‟in yang
mempunyai profil yang luar biasa mampu kita teladani di zaman sekarang. Di antara
mereka yaitu, Sa'id bin Musayyab, Urwah bin ubair, Nafi‟ al-Madani, Hasan al-Bashri,
Muhammad Ibnu Sirin, dan Muhammad Ibnu Syihab Az Zuhri.
RENUNGKANLAH
Suatu hari seseorang dari gurun pergi ke Madinah. Di tengah jalan dia meliahat
seekor burung terbang ke sarangnya dan memberi makan anak-anaknya. Kemudian orang
itu mendekati sarang burung dang mengambil anak burung itu. Dia berniat
memberikannya kepada Rasulullah saw. sebagai hadiah. Tatkala orang itu sampai di
hadapan Rasulullah saw. dia meletakkan anak-anak burung itu di depan beliau. Beberapa
sahabat hadir pula menyaksikan hal itu, tiba-tiba mereka melihat induk burung itu datang
tanpa rasa takut berdiri melindungi anak-anaknya. Ternyata induk burung itu mengikuti
perginya orang tersebut.begitu besar kasih sayang induk burung itu terhadap anak-anaknya
sehingga dia melindungi tanpa rasa takut. Rasulullah saw. mengatakan kepada para
sahabatnya, “Kalian menyaksikan kasih sayang induk burung kepada anak-anaknya. Akan
tetapi ketahuilah bahwa kasih sayng Allah terhadap hamba-Nya seribu laki lipat melebihi
kasih sayang induk burung ini kepada anaknya.”
MENGAMATI
Amatilah kisah berikut, kemudian kemukakan pendapatmu!
Ada kisah bagaimana kuatnya hafalan salah seorang tabi‟in terkemuka Ibn Syihab
az-Zuhri. Hisyam bin Abdul Malik meminta kepada az-Zuhri untuk mendiktekan hadis
kepada putranya. Hisyam memanggil seorang penulis dan az-Zuhri mendikgtekan 400
hadis kepadanya. Setelah itu az-Zuhri berpamitan kepada Hisyam, kemudian Hisyam
berkata, “Kemana engkau wahai pemilik Hadis?” az-Zuhri meriwayatkan 400 hadis itu
kepada mereka. sebulan kemudian atau sekitar itu, Hisyam bertemu dengan az-Zuhri.
Hisyam kemudian berpura-pura berkata bahwa hadis yang dulu dia diktekan telah hilang.
Az-Zuhri kemudian berkata, “Tidak apa-apa”. Hisyam lalu memanggil seorang penulis
dan az-Zuhri mendiktekan hadis-hadis itu kepadanya. Selanjutnya Hisyam
membandingkan hasil tulisan tersebut dengan tulisan hadis terdahulu. Apa hasilnya?
Hisyam mengetahui bahwa az-Zuhri tidak meninggalkan satu huruf pun dalam
mendiktekan hadis-hadis tersebut.
Nama beliau, Abu Muhammad Said Ibn Musayyab bin Hazn bin Wahhab alQuraisyi al-Makhzumi al-Madani. Beliau seorang pemimpin tabi‟in dan „petunjuk‟
dunia. Said bin Musayyab dilahirkan tahun 15 H. Beliau lahir dua tahun setelah Umar
bin Khattab diangkat sebagai khalifah.
Said bin Musayyab merupakan seorang yang alim, banyak ilmunya. Hal itu
diakui oleh para tokoh dan ulama dari kalangan sahabat maupun tabi‟in. Ibnu „Umar
berkata mengenai Said bin Musayyab, “Seandainya Rasulullah melihat ini niscahya
beliau bergembira”. Qatadah, az-Zuhri, Makhul, dan selain mereka berpendapat,
“Kami tidak melihat seseorang yang lebih berilmu dibandingkan Said bin Musayyab”
sementara itu, Ibnu al-Madani mengatakan, “Kami tidak mengetahui dari kalangan
tabi‟in yang lebih luas ilmunya dibandingkan Ibnu Musayyab, ia menurut pendapatku,
adalah tabi‟in yang paling agung.”
Ibnu Musayyab merupakan seorang tabi‟in yang begitu hafal dengan putusanputusan Rasulullah saw dan khulafa rasyidin. Beliau pun sering memberikan fatwa
ketika para sahabat masih hidup dan mengungguli ahli fikih pada zaman itu, bahkan
beliau mendapatkan gelar sebagai faq h al-fuqahā‟. Bahkan Umar bin Abdul Aziz pun
menaruh hormat kepada beliau.
Dalam hal ibadah Said bin Musayyab merupakan manusia yang tekun, jiwanya
yang wara‟ dan dikenal berani dalam menegakkan kebenaran. Beliau juga dikenal
keukeuh dalam menolak pembaiatan sebagaian penguasa, meskipun beliau
mendapatkan hukuman, namun beliau tetap dalam pendapatnya.
Said bin Musayyab juga kerap enggan datang kepada penguasa, menahan diri
untuk tidak menerima harta-harta kaum muslim, sehingga beliau pun tidak mau
mengambil pemberian. Beliau memiliki empat ribu dinar yang beliau gunakan untuk
berdagang minyak dan dari keuntungan itulah beliau menyambung hidupnya.
Beliau meriwayatkan hadis Rasulullah dari para gurunya, para sahabat yang
senantiasa mendapat ridanya. Guru-guru beliau adalah: Umar bin Khattab, „U man
bin Aff n, Ali bin Abi T lib, ayd bin abit, „Āisyah, Sa‟d bin Abi Waqq , Abū Hurayrah, Ibnu Abbas, dan Abdullah bin Umar. Sebagian besar hadis yang beliau
riwayatkan adalah dari Abu Hurayrah ra..
Sebagai seorang tabi‟in yang besar, beliau juga meriwayatkan hadis Rasulullah
kepada murid-murid beliau di antaranya yang paling masyhur adalah: Muhammad bin
Muslim az-Zuhri, Amr bin inar, Atha‟ bin Abi Rabbah, Muhammad bin al-Baqir,
Qatadah bin a‟ mah, Yahya bin Said al-An ri, dan lain sebagainya.
Tokoh yang masuk dalam kibār tabi‟ n ini meninggal dunia pada tahu 93 H, dan
ada yang mengatakan beliau meninggal pada tahun 94 H. Said bin Musayyab
mempunyai jasa yang luarbiasa besar dalam bidang hadis dan merupakan salah
seorang tokoh dan ulama besar dari kalangan tabi‟in dalam bidang ini (hadis).
Namanya adalah Abu Abdullah Urwah Ibnu Al-Zubayr ibnu al-Awam al-Asadi
al-Madani. Urwah bin Zubayr lahir pada masa-masa akhir kekhalifahan Umar bin
Khattab, yaitu pada tahu 22 atau 23 H, pendapat lain mengatakan beliau lahir pada 29
H. Urwah merupakan tokoh tabi‟in dan imam yang alim di Madinah. Bahkan, beliau
merupakan salah satu dari tujuh ahli fikih di kota Nabitersebut. Ketika Umar bin
Abdul Aziz menjadi gubernur Madinah, Urwah juga termasuk orang ditunjuk khalifah
sebagai anggota dewan permusyawaratan Madinah.
Urwah bin Zubayr adalah seorang yang fāqih dan juga āfiẓ. Bliau sangat tekun
dalam menuntut ilmu dan menyebarkannya. Banyak orang yang menghadiri majlis
beliau untuk mempelajari hadis Nabi saw. beliau seoran penghafal hadis yang luar
biasa, penghafal Al-Quran dan seorang ahli ibadah, beliau juga dikenal sebagai orang
yang ahli berpuasa. Bahkan beliau meninggal dalam keadaan puasa.
Ketekunan beliau dalam menuntut ilmu menjadikannya sering datang ke
bibinya, yaitu ummul mukminin Aisyah untuk belajar hadis darinya. Beliau sangat
teliti dalam menerima hadis, ābi (daya ingat yang sangat baik), dan dapat dipercaya.
Muhammad bin Sa‟ad berkata, “Urwah adalah seorang yang iqah, banyak hadisnya,
ahli fikih, dapat dipercaya, berilmu, dan abat.”
Urwah tidak tertarik dengan politik dan masalah kekuasaan, tetapi lebih
cenderung pada masalah pengetahuan. Dengan demikian ia tidak melibatkan diri pada
kegiatan politik praktis yang terjadi pada saat itu, saudaranya Abdullah bin Zubayr
membuat perlawanan kepada dinasti Umayyah dan memproklamirkan
pemerintahannya sendiri hingga akhirnya terbunuh dalam peperangan. Sebaliknya, Urwah bin Zubayr tetap memiliki hubungan yang baik dengan pemerintahan Bani
Umayyah.
Urwah bin Zubayr dikenal sangat dekat dengan Aisyah (bibinya). Beliau belajar
dan meriwayatkan hadis darinya. Sejak dini Urwah bin Zubayr sudah menghimpun
hadis-hadis dari Aisyah ra. Banyak hadis dari Aisyah yang beliau tulis sepanjang
Aisyah masih hidup. Hisyam bin Urwah meriwayatkan bahwa ayahnya, Urwah bin
ubayr ditanya oleh Aisyah, “Wahai keponakanku benarkah engkau telah menulih
hadis yang berasal dariku, kemudian setelah kamu pulang ke rumah kamu menulisnya
lagi. Mengapa demikian?” Urwah menjawab, “Iya, karena aku juga mendengar hadis
itu dari orang lain.” Aisyah bertanya lagi, “Apakah yang kamu dengar dari orang lain
itu tidak berbeda artinya dengan apa yang kamu dengar dariku?” Urwah menjawab,
“Tidak.” “Kalau begitu tidak apa-apa”kata Aisyah.
Hubungan keilmuan antara keponakan dan bibinya ini juga diakui betul oleh
Ibnu Uyaynah. Karena intensnya pembelajaran atara Aisyah dan Urwah, maka Urwah
pun menjadi orang yang paling banyak meriwayatkan hadis dari Aisyah. Ibnu
Uyaynah berkata, “Orang yang paling banyak menerima hadis dari Aisyah ada tiga
orang, yaitu al-Qasim, Urwah, dan Umrah”.
Urwah juga dikatakan telah menulis kitab fikih tersendiri, namun kemudian
beliau membakarnya dengan alasan tertentu. Pemusnahan kitab fikih yang ditulis
beliau sendiri kemudian beliau sesali. Seperti yang diriwayatkan oleh Ma‟mar dari
Hisyam bin Urwah, “Pada musim panas, ayah membakar kitan-kitab fikih miliknya.
Setelah itu beliau berkata, “Seandainya kitab-kitab fikih itu masih saya miliki,
niscahya saya lebih senang daripada memiliki keluarga dan harta.”
Urwah bin Zubair dikenal juga menulik kitab berisi s rah nabawiyyah (biografi
Nabi Muhammad). Beliau termasuk orang pertama yang menulis kitab bertema
biografi Nabi Muhammad. Tulisan beliau menjadi contoh oleh penulis-penulis yang
datang setelahnya. Metode beliau ditiru oleh para penulis masyhur antara lain: azZuhri, Ibn Ishaq, Musa bin „Uqbah, dan lainnya. Kitab ini memang tidak sampai
kepada generasi sekarang, namun cuplikan-cuplikan atas kitab ini dapat ditemukan di
kitab sejarahnya al- abr ni. Sedangkan para ulama yang meriwayatkan kitab ini di
antaranya: Abu al-Aswad, az-Zuhri, Hisyam bin Urwah, dan Yahya bin Urwah.
Urwah bin ubayr menerima hadis dari ayah, ibu, dan bibinya (Aisyah), Ali bin
Abi Talib, Muhammad bin Maslamah, Abu Hurayrah, aid bin abit, Usamah bin
Zayd, Abdullah bin al-Arqam, Abu Ayyub, Nu‟man bin Basyir, Mu‟awiyah, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, al-Miswar bin Makhramah, aynab binti Abu Salmah,
dan Basyir bin Abi Ayyub al-An ari.
Beliau juga menyampaikan hadis-hadisnya kepada Usman, Abdullah, az-Zuhri,
Sulaiman bin Yasar, abu al-Zunad, Ibnu Abi Malikah, Ibnu al-Munkadir, dan lain
sebagainya. Urwah bin Zubair wafat pada tahun 94 H pada umur beliau ke-60 tahun.
Nafi' merupakan tabi'in sekaligus perawi hadis yang banyak meriwayatkan
sabda-sabda Nabi Muhammad saw. Beliau terpercaya, kuat hafalannya, dan benar
periwayatan hadisnya. Berdasarkan keseluruhan hadis yang beliau riwayatkan tidak
ditemukan suatu kesalahan. Abdullah bin Umar pun memujinya dengan mengatakan,
“Sungguh Allah telah memberikan karunia kepada kita dengan keberadaan Nafi' Lebih jauh lagi Khalifah Umar bin Abdul Aziz pun menunjuk Nafi‟ untuk menjadi
utusan di Mesir mengajarkan sunnah Rasulullah saw. di sana.
Sebagaimana seorang perawi hadis, Nafi meriwayatkan hadis dari Abdullah bin
Umar, Abu Hurayrah, Abu Said al-Khuzri, Rafi' bin Khadij, Aisyah, Ummu Salamah,
tiga putra Abdullah bin Umar bin al-Khattab, al-Qasil, Aslam, Abdullah bin
Muhammad bin Abu Bakar al-Siddiq, dan lainnya.
Nafi' meriwayatkan hadisnya kepada Abu Ishaq al-Sabi‟i, Al-Hakam bin
Uyaynah, Yahya al-Ansari, Muhammad bin Ajlan, az-Zuhri, Salih bin Kaysan, Ayyub, Hamid al- awil, Maymūn bin Mahran, Musa bin „Uqbah, Ibn „Aun, alA‟masyi, dan lainnya.
Imam Bukhari memuji sanad dari Nafi' dengan mengatakan,”Isnad yang paling
sahih adalah Malik dari Nafi' dari Umar.” Mengenai sanad ini, para ulama hadis
menamainya dengan silsilah al-żahab (untaian emas). Beliau (Nafi‟) meninggal dunia
pada tahun 117 H di Madinah.
Nama asli dari Hasan Al-Basri adalah Abu Sa‟id Al Hasan bin Yasar. Beliau
dilahirkan oleh seorang perempuan yang bernama Khoiroh, dan beliau adalah anak
dari Yasar, budak Zaid bin Tsabit. tepatnya pada tahun 21 H di kota Madinah setahun
setelah perang shiffin, ada sumber lain yang menyatakan bahwa beliau lahir dua tahun
sebelum berakhirnya masa pemerintahan Khalifah Umar bin Al- Khattab. Khoiroh
adalah bekas pembantu dari Ummu Salamah yang bernama asli Hindi Binti Suhail
yaitu istri Rasullullah saw. Sejak kecil Hasan Al-Basri sudah dalam naungan Ummu
Salamah. Bahkan ketika ibunya menghabiskan masa nifasnya Ummu Salamah
meminta untuk tinggal di rumahnya. Dan juga nama Hasan Al-Basri itupun pemberian
dari Ummu Salamah. Ummu Salamahpun terkenal dengan seorang puteri Arab yang
sempurna akhlaknya serta teguh pendiriannya. Para ahli sejarah menguraikan bahwa
Ummu Salamah paling luas pengetahuannya diantara para istri-istri Rosullah saw.
lainnya. Seiring semakin akrabnya hubungan Hasan Al-Basri dengan keluarga Nabi,
berkesempatan untuk bersuri tauladan kepada keluarga Rasullulah dan menimba ilmu
bersama sahabat di masjid Nabawy.
Ketika menginjak 14 tahun, Hasan Al-Basri pindah ke kota Basrah (Iraq). Di
sinilah kemudian beliau mulai dengan sebutan Hasan Al-Basri. Kota Basrah terkenal
dengan kota ilmu dalam daulah Islamiyyah. Banyak dari kalangan sahabat dan tabi‟in
yang singgah di kota ini. Banyak orang berdatangan untuk menimba ilmu kepada
beliau. Karena perkataan serta nasehat beliau dapat menggugah hati sang pendengar.
Musa bin Ismail dari al-Mu‟tamar bin Sulayman mengatakan bahwa ayah saya
pernyah mengatakan, “al-Hasan (al-Basri) adalah seorang syaikh dari penduduk
Basrah”. Amr bin Murrah pun berkata, “Saya sangat iri kepada penduduk Basrah
karena mereka memiliki Hasan al-Basri dan Muhammad bin Sirin”.
Hasan al-Basri berguru kepada para sahabat Nabi di antaranya: Utsman bin
Affan, Abdullah bin Abbas, Ali bin Abi Talib, Abu Musa al-Asy‟ari, Anas bin Malik,
Jabir bin Abdullah, dan Abdullah bin Umar, juga dari para tabi‟in seperti Abu Bakrah, Imran bin Husein, Jundub, al-bajali, Mu‟awiyah, Anas, Jabir. Hadis-hadis Hasan alBasri banyak diterima oleh Jarir bin Abi Hazim, Humail al-Tawil, Yazid bin Abi
Maryam, Abu al-Asyhab, Sammak bin Harb, Ata‟ bin Abi al-Salib, Hisyam bin Hasan
dan lainnya.
Kemudian pada tahun 110 H, tepatnya pada malam jum‟at diawal bulan Rajab
beliau kembali ke rahmatullah. Banyak dari penduduk Basrah yang mengantarkan
sampai ke pemakaman beliau. Mereka merasa sedih serta kehilangan ulama besar,
yang berbudi tinggi, saleh serta fasih lidahnya.
Nama lengkapnya adalah Abdullah bin al-Harits Muhammad bin Sirin alAnshari, ia adalah seorang ahli fiqh yang zuhud dan tekun beribadah, ayahnya bekas
sahaya Anas bin Malik yang membelinya dari Khalid bin al-Walid yang menawannya
di Ain at-Tamr di gurun pasir Irak dekat al-Anbar. Sebelumnya Anas menjanjikan
kebebasan bagi budaknya itu bila Sirin membayar sejumlah uang. Sirin melunasinya
dan bebaslah ia. Ibu Muhammad bin Sirin bernama Shaffiyah yang pernah menjadi
sahaya Abu Bakar.
Muhammad bin Sirin lahir dua tahun menjelang masa pemerintahan Utsman, ia
sempat bertemu dengan 30 orang sahabat, tetapi tidak pernah melihat abu Bakar dan
Abu Dzarr al-Ghifari. Ia juga tidak mendengar langsung hadits dari Ibnu Abbas atau
Abu arda‟ atau Imran bin Hushain, atau sayyidah Aisyah. Namun ia meriwayatkan
dari beberapa hadist musnad dari Zaid bin Tsabit, Anas bin Malik, Abu Hurairah,
Hudzaifah bin al-Yaman dan beberapa lainnya.
Al-Mizzi mengemukakan pendapat tentang Ibnu Sirin dengan menukil pendapat
para ulama bahwa menurut Abu ar‟ah dan Nasa‟I beliau adalah orang yang iqah,
menurut Abu Hatim Ibnu Sirin seseorang yang menulis hadisnya, hingga Ibn Hibban
memasukkan beliau ke dalam daftar orang-orang yang siqāt.
Diantara orang yang meriwayatkan dari Ibnu Sirin adalah Asy-Sya‟bi, alAuza‟I, Ashim al-Ahwal, Malik bin Dinar dan Khalid al-Hadzdza. Hisyam bin Hisan
berkata tentangnya:” ia Orang Paling Jujur yang pernah aku jumpai”, Abu Awanah
menambahkan “ Aku pernah meliha Ibnu sirin dan tak seorangpun melihatnya tanpa
sedang berzikir kepada Allah Ta‟ala”. an komentarnya Abu Sa‟ad adalah “ ia
dipercaya memang teguh amanat, tinggi kedudukannya dan banyak ilmunya”. Beliau
wafat pada tahun 110 H.
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah
bin Syihab bin al-Haris bin Kilab bin al-Murrah al-Quraysyi az-Zuhri al-Madani.azZuhri dilahirkan pada tahun 50 H pada masa pemerintahan Mu‟awiyah bin Abi
Sufyan.
Ayah az-Zuhri hidup dalam keadaan yang tidak bebas dia bergabung dengan
Abdullah bin Zubair (Saudara Urwah bin Zubayr) dalam perlawanan pemerintahan
Abdul Malik bin Marwan. Setelah ayahandanya meninggal dunia, az-Zuhri datang
kepada Abdul Malik bin Marwan pada tahun 84 H. Az-Zuhri merupakan tokoh
tabi‟in. Beliau mempunyai andil besar dalam estafet penyampaian hadis Nabi saw. hal
ini dikarenakan jasa beliau sebagai orang pertama yang memenuhi perintah Khalifah
Umar bin Abdul Aziz untuk menulis dan membukukan hadis. Az-Zuhri juga tercatat
sebagi orang yang melakukan pembukuan hadis seorang diri, sehingga hadis-hadis
tersebut tidak menghilang. Al-Lay bi Sa‟d berkata, “Said bin Abdurrahman berkata
kepadaku, „Hai Abu al-Hari , kalau saja tidak ada Ibn Syihab az-Zuhri niscahya
banyak sunnah yang hilang”. Selain itu az-Zuhri juga menjadi orang pertama yang
mengkukuhkan metode isnād (penyandaran hadis kepada para perawinya). Imam
Malik berkata, :Orang pertama yang meng-isnād-kan hadis ialah Ibnu Syihab azZuhri.” Pembakuan Isnād ini mendorong ulama dan para pencari ilmu untuk
mempertanggungjawabkan keabsahan pengetahuannya. Beliau juga kerap membantu
secara finansial murid-murid beliau yang mempunyai keluhan keuangan dalam
menuntut ilmu.
Tentang kepandaian az-Zuhri, Lay bin Sa‟d berkata, “Aku sama sekali tidak
melihat seorang berilmu yang komprehensif (menyeluruh) dibandingkan az-Zuhri. Ia
menceritakan tentang sesuatu yang menarik, kemudian ia mengungkapkan, „tidak baik
kecuali ini.‟ Jika ia berbicara tentang bangsa Arab dan pertalian keturunan, maka aku
berkata, tidak baik kecuali ini.‟ Jika ia berbicara tentang Al-Quran dan sunnah, maka
pembicaraannya adalah pembicaraan yang utuh”
Imam malik berkata, “Jika az-Zuhri datang ke Madinah, aku menjumpai
sejumlah guru penuntut ilmu yang berusia 70 dan 80 tahun, mereka tidak
mendapatkan perhatian, sedangkan az-Zuhri mendapatkan perhatian lebih dari mereka
padahal az-Zuhri lebih muda dibandingkan mereka, kemudian mereka mengerumuni
az-Zuhri Imam Malik pun berkata, “Ibnu Syihab az-Zuhri tetap sebagai orang yang
tidak ada bandingannya”
Umar bin Abdul Aziz mengatakan kepada beberapa teman yang duduk
bersamanya, “Apakah engkau pernah datang kepada Ibnu Syihab az-Zuhri?” Mereka
menjawab, “Sungguh kami akan melakukannya” Umar bin Abdul Aziz berkata,
“ atanglah kepadanya, karena tidak ada lagi orang yang lebih mengetahui sunnah
Rasulullah dibandingkan dengannya”
Az-Zuhri dikenal memiliki daya ingat yang luar biasa, beliau cepat hafal dan
selalu ingat apa yang dia hafal. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan az-Zuhri
menjadi tokoh hadis terkemuka pada zamannya. Az-Zuhri mengatakan, “Aku sama
sekali tidak menyimpan sesuatu dalm hatiku, hingga membuat aku lupa.” Ia juga
mengatakan, “Aku tidak mengulang suatu hadis kecuali (cukup) satu kali, kemudian,
aku bertanya kepada temanku. Ternyata, hadis itu seperti yang kuhafal.”
Az-Zuhri juga dikenal sangat tekun dalam mencari ilmu, beliau begitu gemar
menghadiri majelis-majelis pengetahuan dan selalu mengajukan pertanyaan kepada
syaikh yang menyampaikan pengetahuan di dalamnya. Beliau juga tekun dalam
menulis Ma‟mar menceritakan dari Ibnu Kisan menyatakan, “ ahulu aku mencari
ilmu bersama az-Zuhri, ia menyatakan padaku, „Kemari lah, kami akan menulis alsunan‟. Kemudian beliau menyatakan, „Marilah kita menulis apa yang datang dari
Rasulullah saw. (hadis). Dalam kesempatan lain ia pernah menyatakan, „Marilah kita
tulis apa yang datang dari para sahabat (a ar). Beliau menulisnya sedangkan aku
tidak. Beliau berhasil sedangkan aku tidak, karena apa yang ada padaku telah hilang.”
Az-Zuhri berguru (mendengarkan) hadis dari para sahabat Rasulullah saw.
antara lain, Anas bin Malik, Abdullah bin Umar, Jabir bin Abdullah, Sahal bin Sa‟ad,
Abu al- ufayl, al-Miswar bin Makhramah, dan para sahabat lainnya. Dari kalangan
tabi‟in beliau mendengar hadis dari Abu Idris al-Khawlani, Abdullah bin Haris bin
naufal, dua putra dari Muhammad al-Hanafiyyah (al-Hasan dan Abdullah), Harmalah,
Abdullah bin Umar, Ubaidillah bin Umar, Salim bin Umar, Abdul Aziz bin Marwan,
Kharijah bin ayd bin abit, Said bin Musayyab, Sulayman bin Yasar, Abdullah bin
Abi Bakar bin Hazam, Ubaydillah bin Abdullah bin Utbah, Urwah bin Zubayr, alA‟raj bin Abdurrahman dan lain sebagainya.
Tokoh hadis yang masyhur yang meriwayatkan dari beliau adalah Aṭa‟ bin Abi
Rabbah, Abu al-Zubayr al-Makki, Umar bin Abdul Aziz, Amr bin Dinar, Saleh bin
Kaysan, Ma‟mar bin Rasyid, Abu „Amr al-Awza‟i, Abdul Malik bin Uyaynah, dan
lainnya. Ali bin Madani mengatakan bahwa beliau (az-Zuhri) meriwayatkan hadis
sebanya 2000, Abu Dawud menyatakan Hadis az-Zuhri berjumlah 2200. Setelah tujuh puluh tahun menjalani kehidupan pengetahuan, Ibn Syihab azZuhri akhirnya meninggal dunia pada malam selasa di bulan Ramadan tahun 124 H.
Posting Komentar